Home

Mei 29, 2012

Tahukah Anda Buku Terbesar Di Dunia Berjudul 'This Is Mohammad'?


Di Uni Emirat Arab, salah seorang deputi, Sheikh Hamdan bin Rashed Al Maktoum telah meresmikan peluncuran sebuah buku terbesar di dunia  yang merupakan buku mengenai kehidupan Nabi Muhammad SAW.

Buku berjudul “This Is Muhammad” itu adalah buku yang terbesar, terberat, dan buku yang paling mahal di dunia. Saat ini, bukutersebut telah tercatat dalam Guinness Book of Records sebagai buku terbesar di dunia.
Buku ini memang superbesar. Beratnya lebih dari 1.500 kilogram, dengan panjang 5 meter dan lebar 4 meter. Terdiri dari 420 halaman raksasa, yang masing-masing lembarnya dibuat dengan campuran kulit dan kertas berkualitas tinggi.


Upacara peluncuran buku tersebut saat itu dihadiri oleh konstelasi pejabat UEA, diplomat, sejumlah tokoh pengusaha, investor, tokoh ulama, peneliti dan tokoh media.

Buku yang dicetak di Jerman itu dihargai US$1,323 juta. Setelah diluncurkan di Dubai EWorld Centre, buku ini dipamerkan di Kuwait, Qatar, Mesir, dan negara di Eropa dan Amerika. Setelah itu dipamerkan secara permanen di Abu Dhabi.

Seperti judulnya, buku yang ditulis oleh Abdullah Abdulaziz Al Muslih, dibantu sejumlah penulis Saudi Arabia dan para cendekiawan itu menceritakan tentang kehidupan Nabi Muhammad, dengan gaya yang sederhana.

"Butuh waktu 16 bulan untuk menulis dan mencetak buku ini lebih dari 1 juta kopi dalam empat bahasa, termasuk huruf Braile, Bahasa Italia dan Denmark," kata Mohammed Saeed Al Awlaki, Ketua Mshahed Investment Group, sepert dimuat Khaleej Times Online.

Sementara, Shaikh Hamdan bin Rashid Al Maktoum, Wakil Penguasa Dubai sekaligus Menteri Keuangan Uni Emirat Arab memesan 50.000 kopi buku tersebut. Bukan yang besar, melainkan dalam ukuran normal.

Buku-buku tersebut akan dibagikan pada komunitas internasional, agar mereka lebih memahami dengan baik teladan Nabi Muhammad.

Tujuan utama dari proyek ini adalah untuk menyebarkan kesadaran masyarakat tentang Islam dan Muslim, dan untuk menyoroti aspek kehidupan Nabi Muhammad, kata pemilik dan penerbit buku besar ini.

 

Sumber:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar