Home

Mei 06, 2012

Anak Wajib Tahu Cara Baca Label Jajanan yang Aman


Sudah diketahui khalayak bahwa jajanan anak Indonesia sebagian besar tercemar dari bahan makanan berbahaya. Bahan itu di antaranya formalin, borax, dan rhodamin. Padahal ketiga bahan ini sudah dilarang digunakan.

"Karena itu harus diajarkan pada anak bagaimana mengenali pangan dan jajanan yang aman," ujar Direktur Surveilan dan Penyuluhan Keamanan Pangan Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM), Halim Nababan, Kamis, 3 Mei 2012.

Dalam seminar "Penerapan Pola Hidup Bersih, Sehat dan Aman" yang diadakan Tupperware di Wisma Serbaguna Senayan, Halim memaparkan tercemarnya pangan dan jajanan anak sering tidak disadari oleh orang tua, guru, ataupun penjaga di sekitar anak.

"Seharusnya anak diperkenalkan bagaimana cara mengenali, membeli, dan membaca label jajanan yang aman," ujar Halim. Anak, menurut dia, juga harus diperkenalkan bagaimana menjaga kebersihan pangan dan jajanan.

"Misalnya, jangan membeli makanan yang dijual dekat sampah atau kamar mandi, " ujar Halim. Setiap anak juga harus diajarkan mencatat setiap ada temannya yang tidak masuk sekolah. "Misalnya karena sakit atau apa pun," ujar Halim.

Catatan ini, menurut Halim, nantinya sangat berguna untuk memantau makanan apa yang beredar dalam suatu sekolah.

Tercemarnya jajanan di sekolah berdasarkan penelitian Badan POM yang dilakukan pada 2008 terhadap 886 sekolah dasar yang tersebar di 30 kota di Indonesia. Badan POM menemukan sebanyak 35 persen sampel tidak memenuhi syarat.

Sumber:
http://www.tempo.co/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar