Home

Mei 07, 2012

Pesona Supermoon Lintas Negara

Bulan selalu indah. Wujud bulat penuh yang bersinar terang di angkasa yang gelap, memberikan pemandangan yang sangat menakjubkan. Bahkan, kehadiran purnama biasanya sering dikaitkan dengan hal mistis dan bencana. Meski pada kenyatannya tidak begitu.

Bulan purnama yang memenuhi langit Jakarta, Indonesia (Foto: Dailymail) Dunia pada Sabtu (5/5) hingga Minggu (6/5), diriuhi oleh pesona supermoon. Ini disebabkan karena bulan akan tampak 14 persen lebih besar, dan 30 persen lebih terang dari biasanya. Hal ini dipengaruhi oleh pendekatan perigee.


Menurut berita yang dilansir dari Dailymail, Sabtu (5/5), perigee merupakan periode dimana bulan berada paling dekat dengan bumi di orbit. Peristiwa ini akan terjadi saat bulan berada pada 221.802 mil dari bumi, atau sekitar 15.300 mil lebih dekat dari rata-ratanya. Jarak dari bumi bervariasi karena mengikuti orbit elips daripada melingkar.

Beberapa negara sudah bisa menyaksikan fenomena supermoon ini. Banyak foto-foto wujud supermoon yang beredar di media online, baik dalam negeri maupun luar negeri. Puncak supermoon akan terjadi di Indonesia pada Minggu (6/5) pagi, sekitar pukul 10.35 WIB.

Berikut Talinews tampilkan foto-foto supermoon yang sangat menakjubkan lainnnya, yang terjadi di beberapa negara.

Supermoon yang bersinar terang di belakang Empire State Building, New York City Bersinar merah di atash Gedung Capitol AS, Washington DC Supermoon dilihat dari Mount Eden di Auckland, Selandia Baru Seseorang yang berlari di Papago Park di Phoenix, Arizona, seolah ingin menuju bulan Bulan berada di puncak bagian belakang Menara Century Universitas Florida, Gainesville Bulan purnama di belakang salib gereja Ortodoks di atas sebuah menara di kota Novogrudok, Belarusia Nelayan yang sedang memancing di dermaga dekat Bal Harbour, Florida, ditemani supermoon yang bersinar di atas samudera Atlantik Bulan menyelinap di antara pohon-pohon palem di sebuah Bandara Internasional Los Angeles, California Di bagian lain masih di Los Angeles, sebuah helikopter LAPD terbang di depan bulan The 'supermoon' bersinar di Hotel Pere Marquette, yang ditutup sementara di Peoria, III Supermoon berlatar belakang bunga mawar di Los Angeles, California Penampakan supermoon di atas mercusuar Angel's Gate di San Pedro, California Supermoon di utara San Francisco, seolah menantang Coit Tower Supermoon berada di atas kincir angin di Palm Springs, California Supermoon terlihat di atas kaki langit Toronto, menawarkan pemandangan yang sangat menakjubkan, disebelah kiri terlihat CN Tower Supermoon muncul seperti matahari di puncak gunung Haramoun, di dekat desa Marjayoun, selatan Libanon Supermoon tepat berada di depan replika patung Liberty di sebuah hotel di ibukota Pristina Supermoon tampak indah terlihat dari komplek apartemen di Bucharest Supermoon muncul lebih awal di atas Kuil Poseidon di Cape Sounion, selatan timur Athena, Yunani Cantik sekali, burung bertebangan di atas masjid di Amman dengan latar belakang bulan purnama yang bersinar terang Bulan purnama tampak jelas sekali, berada di belakang Gereja Our Lady, Dresden, sebelah timur Jerman Seolah-olah bayangan salib Frauenkirche di Gereja Our Lady, Dresden, menempel di permukaan bulan purnama Bulan purnama berwarna merah muncul di belakang patung-patung malaikat di Katedral St Isaak di St.Petersburg, Rusia Dilihat dari Cartagena, Kolombia, awan seakan tak mampu menghalangi keindahan sinar bulan purnama Di bagian lain di Cartagena, supermooon tampak lebih jelas Siluet layangan di atas masjid kelihatan seperti seekor lalat yang terbang menggelilingi bulan di langit Amman Bulan purnama yang memenuhi langit kota Johannesburg, Afrika Selatan Fenomena bulan seperti ini oleh para ilmuwan dikenal sebagai fenomena Perigee, dimana bulan tampak lebih dekat dengan bumi Puncak peritiwa perigee di atas langit Huntsville, AS, 30 persen lebih cerah dari biasanya
Banyak cerita rakyat yang mengisahkan pada saat bulan bersinar seperti ini akan banyak perilaku aneh yang terjadi pada manusia, namun itu tidak sepehunya benar

Sumber:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar