Home

Mei 06, 2012

Supermoon Hiasi Langit Indonesia Malam Ini


Malam ini, bulan purnama dengan penampakan ukuran paling besar dan paling terang akan menerangi langit Indonesia. Disebut supermoon karena bulan malam nanti melintas lebih dekat ke bumi daripada hari-hari biasanya.

Dailymail, 5 Mei 2012, melansir bahwa para ahli menyatakan bulan muncul hingga 14 persen lebih besar dan 30 persen lebih cerah saat lewat pada jarak 221.802 mil dari bumi atau sekitar 15.300 mil lebih dekat dari jarak rata-rata.

Fenomena bulan raksasa atau supermoon ini cenderung menyebabkan gelombang pasang di laut lebih tinggi. Peristiwa langit luar biasa ini, menurut ilmuwan, tidak sering terjadi.

Pakar astronomi Indonesia, Dr. Moedji Raharto, sebelumnya sudah memprediksi supermoon akan hadir di langit Indonesia pada Minggu, 6 Mei 2012. Sementara Amerika Serikat bisa melihat supermoon lebih awal pada 5 Mei 2012.

Penduduk Indonesia kemungkinan dapat melihat supermoon dengan mata telanjang apabila cuaca tidak hujan. Menurut Moedji, supermoon mulai bisa dilihat selepas sore hingga menjelang pagi. Usai matahari terbenam, bulan akan langsung terbit di langit timur.

Penampakan supermoon paling sempurna tentu dapat dilihat pada tengah malam, di mana posisi bulan berada di atas kepala sehingga pandangan mata tidak akan terhalang oleh bangunan dan gedung bertingkat apapun.

Perayaan Waisak yang digelar pada terang bulan (purnama sidhi) malam ini, akan bertepatan dengan suguhan spektakuler alam raya.

Sumber:
http://www.vivanews.com/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar