Home

Mei 27, 2012

Sukses adalah sebuah Pilihan

 

Tidak ada satu orangpun didunia ini yang menginginkan kegagalan atas hidupnya. Untuk mencapai prestasi kesuksesan dalam hidup Anda yang terlebih dahulu Anda bentuk adalah tujuan hidup (goal setting). Hidup tanpa tujuan akan menyebabkan kita pasif menerima apa saja yang disodorkan oleh kehidupan, biasanya hidup Anda menjadi sangat menbosankan dan tidak menggairahkan.

Kebanyakan orang yang hidup tanpa tujuan yang besar pastinya akan terfokus berjalan ditempat dan menghabiskan waktunya secara membosankan tanpa pencapaian prestasi yang berarti. Mereka hanya menjadi “penonton” dari kehidupan ini. Mereka hanya bisa melihat kesuksesan orang lain tapi sama sekali tidak pernah membayangkan untuk dirinya sendiri. Inilah yang disebut hidup tanpa goal setting.
Untuk mencapai sukses tentu saja tidak mudah, Anda harus siap menghadapi kegagalan dan harus melihat itu dengan bijak. Banyak orang ingin sukses tapi sedikit sekali yang berani untuk menghadapi kegagalan. Jika Anda ingin sukses, Anda tidak boleh takut gagal!


Simak”Prestasi Kegagalan” seorang Abraham Lincoln dan bandingkan dengan diri Anda :
  • Gagal dalam bisnis/bangkrut, 1831
  • Dikalahkan dalam pemilihan legislatif, 1832
  • Bisnis kembali bangkrut, 1834
  • Tunangan meninggal dunia, 1835
  • Nervous breakdown, 1836
  • Dikalahkan dalam pemilihan legislatif, 1838
  • Dikalahkan dlm pemilihan unt US Conggress, 1843
  • Dikalahkan dlm pemilihan unt US Conggress, 1848
  • Dikalahkan dalam pemilihan US Senat, 1855
  • Dikalahkan dlm pemilihan unt Vice President, 1856
  • Dikalahkan dalam pemilihan US Senat, 1858
  • 1860, Abraham Lincoln, berhasil Menjadi Presiden Amerika!
Anda bayangkan selama lebih dari 25 tahun Abraham Lincoln adalah seorang “juara gagal”. jadi sebenarnya kegagalan itu tidak ada selama Anda terus berjuang, bertahan, belajar dari kesalahan dan mencari cara yang lebih baik mencapai kemenangan. Lain halnya jika Anda berhenti mencoba maka pada saat itulah Anda pantas disebut sebagai orang yang gagal alias pecundang! Ingatlah bahwa “Winner never quit, Quitters never win!
Saat Anda gagal, apakah Anda sudah menjalankan 3 kiat dibawah ini?

Anda harus berani menjadi sedikit “GILA”

Abraham Lincoln yang gagal puluhan tahun, Thomas alfa Edison yang gagal ribuan kali dalam uji coba lampu pijar, Colombus yang mengatakan dunia ini bulat ketika orang lain mengatakan dunia ini datar, Wright bersaudara yang ingin agar manusia bisa terbang, JF Keneddy yang ingin manusia bisa ke bulan dan lain-lain adalah contoh-contoh manusia yang agak sedikit “gila” dan karena keuletan yang luar biasa hebat inilah hidup mereka bermanfaat bagi banyak orang. Jadi terkadang Anda harus berani melakukan hal-hal yang berbeda dimana  orang biasa tidak mau dan tidak berani melakukannya.

Seperti yang dikatakan oleh President Calvin Coolidge “Nothing in the world can take the place of persistence, talent will not, nothing is more common than unsuccessful men with talent. Education will not; the world is full of educated derelects. Persistence and determination alone are omnipotent”.

Tidak ada yang bisa menggantikan arti penting kegigihan dan keuletan. Bakatpun tidak, sebab ada sekian banyak orang gagal meski mereka berbakat. Pendidikan juga tidak bisa menggantikannya, sebab banyak orang berpendidikan tinggi tidak bisa mencapai apa-apa kecuali ijasahnya gerimpis dimakan jamur dan waktu. Kegigihan, keuletan dan tekat yang membara untuk mencapai tujuan hidup Anda inilah yang akan mendobrak rintangan yang Anda hadapi. Jadi jika kekalahan demi kekalahan berusaha menjegal dan menjatuhkan Anda dan kesuksesan nampaknya makin mustahil maka ingatlah pernyataan diatas, bahwa “Tidak ada yang bisa menggantikan kegigihan dan keuletan Anda!”.

Kendalikan Pikiran Anda

Pikiran adalah kekuatan luar biasa yang harus bisa Anda kendalikan. Galileo bahkan pernah mengatakan “hati-hati dengan pikiran Anda”. apa yang harus kita kendalikan? Pikiran negatif adalah hal yang harus bisa Anda kendalikan. Pikiran negatif memang tidak bisa kita tolak masuk ke pikiran kita, namun Anda harus melawannya dengan lebih banyak memasukkan pikiran positif.

Anda adalah apa yang Anda pikirkan! Jika Anda pikir gagal, maka sebenarnya adalah Anda sudah gagal. Untuk itu sukses dimulai dari pikiran Anda!  Anda harus memiliki sikap “can do attitude”  yakni “Aku bisa melakukan hal itu”. Banyak orang yang belum apa-apa sudah mengatakan”aku tidak bisa”. Memang nantinya Anda akan diuji oleh kekalahan/kegagalan tapi Anda jangan berhenti, tetap jaga pikiran Anda secara positif bahwa setelah malam yang paling gelap, fajar akan segera menyingsing. Anda cukup hanya melewati kegagalan-kegagalan saja. Ketika tiap kali hati kecil kita gundah karena belum melihat suatu hal menjadi lebih baik maka anda harus melakukan oto sugesti kepada pikiran Anda” I refuse to give up, i shall continue firmly, steadly, and persistenly until my good appears”

Ingatkan diri Anda secara terus menerus bahwa sukses bukan hanya milik orang yang brilian, berbakat atau orang yang penuh keberuntungan, sukses luar biasa adalah milik orang yang persisten (pantang menyerah), yang terus berusaha mencari cara lebih baik dalam menemukan formula kemenangan meski berton-ton rintangan menghalangi Anda. Sebagai contoh jika kita ingin menemukan emas, Anda harus menggali berton-ton tanah lumpur. Jangan pikirkan tanah lumpurnya tapi fokuslah pada emasnya.

Selesaikan Apa yang Sudah Anda Mulai

Anda harus menyelesaikan apa yang telah Anda mulai rencanakan sebelumnya, jangan berhenti sebelum Anda menyelesaikan. Fokuskan sampai tujuan Anda tercapai. Sukses dan gagal memiliki perbedaan yang tipis. Tidak ada orang yang gagal didunia ini, yang ada hanyalah orang yang menyerah. Jika Thomas Alfa Edison berhenti pada percobaan yang ke 900 mungkin namanya tidak akan melegenda hingga saat ini.

Jangan repotkan pikiran Anda dengan kegagalan masa lalu apalagi sampai membuat Anda truma. Ubah rasa traumatik Anda, ubah kegagalan Anda menjadi energi positif untuk memperbaiki diri. Ubah energi kekalahan menjadi kekuatan baru dimana Anda akan melakukan upaya yang lebih baik dan lebih hebat dari sebelumnya.
Jangan pernah menyesali diri ataupun iri hati karena Anda tidak terlahir dalam keluarga kaya, tidak mendapat harta warisan berlimpah, tidak dapat suami/istri kaya, tidak dikaruniai bakat, keberuntungan dll. Untuk sukses Anda hanya perlu memiliki tujuan yang jelas, persistansi dan determinasi yang keras untuk mencapai tujuan tersebut. Hidup ini keras dan Anda juga harus keras agar hidup ini melunak kepada Anda.

Sekarang pilih nasib hidup Anda, Sukses atau Gagal?

Sumber:
http://parkirgratis.com/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar