Home

Mei 03, 2012

Survei: Jumlah Muslim di AS meningkat tajam


Muslim di Amerika tumbuh dalam jumlah yang cukup besar selama dekade terakhir, dan untuk pertama kalinya melebihi jumlah warga Yahudi di sebagian besar Midwest dan bagian Selatan, sementara gereja-gereja semakin kehilangan pengikut, menurut sebuah sensus relijius Amerika yang dirilis pada Selasa (1/5/2012).
Jumlah penganut Muslim naik menjadi 2,6 juta pada tahun 2010 dari 1 juta pada tahun 2000, didorong oleh imigrasi dan konversi, kata Dale Jones, seorang peneliti yang bekerja pada Asosiasi Statistik Lembaga Keagamaan Amerika.


"Kristiani adalah kelompok terbesar di setiap negara bagian, tetapi beberapa hal menarik yang kami temukan adalah pertumbuhan kaum Mormon, yang dilaporkan menduduki tingkat pertumbuhan terbesar di 26 negara," kata Jones, yang mempresentasikan laporan itu ke sebuah konferensi di Chicago.

Jumlah Mormon, yang diambil dari sebuah gereja resmi di Utah, tumbuh sebesar 45 persen menjadi 6,1 juta pada tahun 2010, menurut sensus.

Sekitar 55 persen orang Amerika menghadiri ibadah dengan keteraturan yang cukup untuk dihitung, menurut data. Sebagai perbandingan, kebanyakan survei memperkirakan sekitar 85 persen orang Amerika mengakui keyakinan agama, meskipun mereka tidak menghadiri ibadah.

Beberapa 158 juta orang Amerika diklasifikasikan sebagai "tidak diakui" oleh agama manapun dalam survei.
Di antara agama-agama besar, sensus menemukan jumlah umat Katolik, sebagai agama dengan penganut terbesar, turun 5 persen menjadi 58,9 juta selama satu dekade.

"Umat Katolik memiliki penurunan angka terbesar," Jones mengatakan.

Di antara agama-agama terbesar lainnya di AS, penganut Southern Baptist Convention tetap stabil pada 19,9 juta dalam satu dekade ini, Gereja United Methodist kehilangan 4 persen menjadi 9,9 juta pengikut, Gereja Lutheran Injili di kehilangan 18 persen menjadi 4,2 juta, dan Episkopal Gereja kehilangan 15 persen dari pengikutnya menjadi 1,95 juta.

Jemaat Protestan Injili terus tumbuh, meskipun perlahan, sampai 50 juta pengikut. Sebagian besar pertumbuhan, mengejutkan, terjadi di wilayah perkotaan dan sebagian besar jemaat di kota-kota yang berkembang memiliki kurang dari 100 anggota dan tidak ada gereja besar, Jones mengatakan.

Sumber:
http://arrahmah.com/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar