Home

April 02, 2012

Mengapa Dahlan Iskan Pilih Tidur di Rumah Petani Miskin?

 

Menteri BUMN Dahlan Iskan semenjak jadi menteri punya kebiasaan unik saat melakukan kunjungan kerja ke daerah, yaitu menginap di rumah petani miskin, tak memilih hotel mewah. Dahlan mengaku dengan tidur di rumah petani miskin bisa menghayati apa yang dirasakan dan dialami oleh petani.

"Semalam tidurnya nyenyak sekali, sangat nyaman. Ini bukan pertama kalinya saya menginap di rumah warga, saya juga tidak mencari kepuasan. Ini merupakan bagian penghayatan riil terhadap apa yang dirasakan dan dialami oleh orang seperti Pak Hadi (petani)," ucap Dahlan seperti dituturkan Kepala Humas dan Protokoler Kementerian BUMN, Faisal Halimi kepada detikFinance di Jakarta, Kamis (29/3/2012).

Seperti diketahui dini hari, Dahlan Iskan menyambangi salah satu petani miskin bernama Hadi Sumarto di Desa Seworan, Triharjo, Wates, Kulon Progo Yogyakarta. Hari ini Dahlan melakukan kunjungan ke Kulon Progo.

Faisal Halimi menuturkan kegiatan Dahlan di salah satu rumah warga yang hanya berdinding bilik bambu tersebut. Faisal menuturkan sebelum pamit untuk beristirahat, Dahlan sempat berganti kaos warna ungu dan merebahkan diri di tempat semula yang digunakan untuk ngobrol.

Bahkan Dahlan tidak mau menempati tempat tidur dengan kasur empuk yang sebelumnya sudah disediakan oleh tuan rumah. Dahlan justru memilih tidur dengan beralasakan tikar bersama Direktur Utama Sang Hyang Sri dan Wakil Bupati Kulon Progo.

Kemudian, pagi-pagi buta sekitar pukul 04.30 WIB rombongan terbangun setelah mendengar suara adzan subuh. Dahlan Iskan seperti tak ingin ketinggalan sholat berjamaah, dirinya segera bergegas berjalan menuju masdjid Nurul Hidayah yang berada di desa sebelah yakni di pedukuhan Garang, Desa Tawangsari, Kecamatan Pengasih dengan jalan kaki yang jaraknya sekitar 400 meter dari kediaman Pak Hadi.

Selesai melaksanakan sholat subuh, Dahlan Iskan segera kembali menuju kediaman Pak Hadi untuk berganti pakaian menggunakan kaos ungu dilapisi kemeja putih dan mengenakan sepatu kets New Balance untuk melanjutkan aktivitas pagi dengan melakukan olahraga jalan kaki. Rute yang ditempuh untuk jalan kaki sekitar 3 kilometer menyusuri perkampungan dan pematang sawah.

Aksi tidur Dahlan Iskan di rumah petani miskin bukan hanya ia lakukan kali ini saja. Saat kunjungan kerja ke Sragen, Jawa Tengah pertengahan Maret 2012 lalu, mantan Direktur Utama PLN ini memilih menginap di rumah seorang warga di Dusun Karang Rejo, Desa Bener, Kecamatan Ngrampal, Sragen, Jawa Tengah.

Sumber:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar