Home

April 05, 2012

Manfaat Membaca Buku Bagi Anak

 

Manfaat membaca memang sangat banyak. Selain menambah pengetahuan, tentu juga mengajarkan anak sejak dini agar bisa membaca lebih cepat. Jangan merasa terlalu dini untuk membacakan buku pada anak, hanya karena Anda menganggap sang anak masih belum mengerti apa yang dibacakan untuknya. Padahal di sisi lain, para ahli menganjurkan pada setiap orangtua untuk mulai membacakan buku sejak sang anak masih balita bahkan masih di dalam kandungan. Hal yang sepertinya sepele itu, ternyata dapat sangat berguna bagi perkembangan anak Anda serta menunjang kesuksesannya di masa depan. Sebenarnya, apa sajakah manfaat membacakan buku pada anak? Yuk, kita telusuri satu-persatu.


Untuk balita

Bagi balita yang belum lancar bicara, membacakan buku cerita dapat membantu mereka untuk mengenal bahasa serta mempercepat perkembangan bicaranya. Selain itu saat dibacakan buku mereka juga akan belajar mengenai ritme dan melodi bahasa yang diucapkan oleh orangtuanya, meskipun saat itu mereka belum bisa mengerti apa yang Anda ucapkan atau yang tertulis di buku tersebut.

Yang tak kalah penting, dengan dibacakan sebuah buku berarti juga mengasah kemampuan anak untuk mendengarkan dan mempersiapkan anak-anak balita Anda untuk masuk ke jenjang yang lebih tinggi yaitu sekolah. Ada kemiripan antara mendengarkan sebuah buku yang dibacakan oleh orangtuanya dengan apa yang harus mereka lakukan saat bersekolah, yaitu mendengarkan apa yang dikatakan oleh guru mereka.

Saat seorang anak dibacakan sebuah buku oleh orangtuanya, waktu tersebut dapat membuat hubungan mereka semakin dekat secara psikologis dan orangtua dapat mencurahkan perhatiannya secara maksimal. Saat-saat itu juga dapat digunakan oleh orangtua untuk meningkatkan komunikasi dengan sang anak sekaligus menanamkan nilai-nilai dan norma yang baik tanpa harus menggurui.

Bagi balita yang sudah mulai berbicara, membacakan buku juga dapat mengajarkan mereka untuk mengucapkan kata-kata yang baru didengarnya sekaligus memperluas kosakata yang dimilikinya.

Untuk anak masa sekolah

Bagi anak yang sudah memasuki masa sekolah, manfaat membaca buku akan berguna untuk menumbuhkan minat bacanya, asalkan Anda melibatkan sang anak dalam proses membaca tersebut secara aktif. Di samping itu, membaca juga akan menumbuhkan rasa ingin tahu, mengembangkan daya imajinasi serta meningkatkan kreativitas sang anak, selain juga akan membantu mereka memahami tata bahasa dan struktur kalimat yang benar. Hal-hal tersebut akan sangat membantu mereka dalam masalah akademis di sekolah nantinya.

Sementara dalam pergaulan, manfaat membaca buku akan membantu anak Anda untuk belajar mengekspresikan dirinya secara jelas dan penuh percaya diri. Selain itu mereka juga akan siap dalam menghadapi kehidupan nyata serta belajar untuk menyikapi situasi atau lingkungan baru yang asing bagi mereka.

Tak kalah pentingnya, sebuah data statistik di Amerika Serikat menunjukkan bahwa anak-anak yang pintar di sekolah serta seorang pembaca yang baik, ternyata memiliki orangtua yang rajin membacakan buku pada mereka. Jadi tunggu apa lagi? Bagitu banyak manfaat membaca buku bagi anak Anda mulai sejak dini.

Sumber:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar