Home

April 25, 2012

Mau Sehat dan Prima? Hindari Fast Food


Jika mau menginginkan kesehatan terjaga secara prima, termasuk secara seksual, maka sebaiknya menghindari menyantap makanan cepat saji (fast food). Demikian disampaukan androlog Universitas Diponegoro Semarang Prof Susilo Wibowo, di Semarang, Jumat (20/04/2012).
 
"Masyarakat Indonesia ini pola pikirnya justru berbalik dengan masyarakat negara modern. Di saat masyarakat Barat mulai kembali menyantap makanan tradisional, masyarakat kita justru menggemari 'fast food'," katanya dikutip Antara.
Menurut dia, masakan-masakan ala modern seperti "fast food" dan "junk food" yang mulai ditinggalkan oleh masyarakat Barat sebenarnya bisa memicu berbagai problem kesehatan antara lain kolesterol, jantung, diabetes, dan stroke.
Akan tetapi, kata dia, pola makan masyarakat Indonesia saat ini justru menggemari menyantap sajian semacam itu.
"Dan alangkah ironis kebiasaan itu menurun pada anak-anaknya yang dibiasakan menyantap masakan cepat saji dan instan," katanya.


Susilo yang mantan Rektor Undip itu menjelaskan, kebiasaan menyantap masakan cepat saji semula menyebabkan kegemukan, namun tidak sehat, termasuk terhadap anak-anak, kemudian memicu munculnya berbagai penyakit seperti kolesterol dan hipertensi.

"Berbagai penyakit itu akan memengaruhi pembuluh darah yang membuat aliran darah tidak lancar ke seluruh tubuh, termasuk ke alat fungsi seksual sehingga menyebabkan gangguan fungsi seksual seperti disfungsi ereksi," katanya.
Ia mengharapkan, masyarakat segera sadar dengan kebiasaan buruknya menyantap makanan cepat saji dan kembali ke makanan-makanan tradisional seperti bayam, kacang-kacangan, asparagus, beras, kedelai, dan ikan.

"Jangan ikut-ikutan gaya masyarakat Barat yang gemar mengonsumsi 'fast food'. Mereka sendiri kini mulai sadar dengan dampak kesehatan banyak mengonsumsi 'fast food' dan beralih ke makanan-makanan tradisional," katanya.
Susilo yang pernah menjabat Ketua Umum Perkumpulan Andrologi Indonesia (Pandi) itu mengaku heran dengan masyarakat Indonesia yang justru membiasakan anak-anaknya menyantap "fast food", padahal makanan itu tidak menyehatkan.

"Ya mungkin mereka belum sadar dampaknya bagi kesehatan, karena itu masyarakat harus disadarkan. Di saat masyarakat Barat mulai beralih ke makanan tradisi Timur, kita justru mengikuti kebiasaan masyarakat Barat," kata Susilo.*

Sumber:
http://hidayatullah.com/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar