Home

April 05, 2012

Lebih Baik Membaca Buku daripada Membaca E-book


Ebook biasanya memiliki format .pdf. Untuk mengubahnya dari word menjadi pdf tidaklah sulit. Sekarang sudah banyak program yang menawarkan layanan converter tersebut. Ebook pun biasanya tersedia gratis di Internet. Walaupun ada juga yang berbayar.

Membaca buku merupakan hobi yang menyenangkan. Setidanya untuk beberapa orang yang memang senang membaca buku. Baik itu majalah, koran, komik, atau yang lainnya. Tapi saya belum pernah mendengar hobi membaca ebook.

Kenapa saya membuat judul yang terkesan provokatif? Karena setidaknya itulah yang saya alami. Saat iseng-iseng mencari ebook sebuah novel terkenal di Indonesia dan mengunduhnya, saya merasa sangat senang karena bisa mendapatkan novel itu dengan gratis.


Namun apa yang terjadi? Baru membaca beberapa halaman dalam ebook novel tersebut, mata saya sudah sakit dan merasa lelah. Berbeda sekali dengan membaca buku biasa/novel dalam bentuk buku.

Komputer memiliki tingkat radiasi yang cukup besar. Jika kita melihat komputer terus menerus, otomatis mata kita akan terasa berat dan sakit. 

Contohnya jika Anda bermain game di komputer atau menonton tv dalam jangka waktu yang lama. Apakah Anda merasa pusing atau terasa sakit pada mata plus pegal-pegal? :D

Nah jika kita membaca ebook yang berhalaman panjang, otomatis kita kan melihat terus ke layar monitor dan kadang kita suka lupa waktu sehingga waktu 3 jam tidak terasa telah kita lewati. Apalagi jika sedang bermain game PES. Dijamin dari sahur sampai berbuka puasa tidak akan terasa *dramatisir.

Ngomong-ngomong, Anda lebih memilih membaca buku atau membaca ebook?
 
Sumber:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar