Home

April 27, 2012

Organ Tubuh TKI Hilang, SBY Gagal Lindungi Rakyatnya


Kasus penembakan dan dugaan penjualan organ tubuh Tenaga Kerja Indonesia (TKI) di Malaysia dinilai sebagai bukti kegagalan pemerintahan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono melindungi rakyatnya.

Ketua Komisi IX DPR RI, Ribka Tjiptaning, mengatakan peristiwa TKI yang ditembak polisi Malaysia bukan yang pertama kalinya. Sebelumnya, kata Ribka, pernah terjadi 2010 yang menimpa buruh migran asal Sampang, Madura, Jawa Timur.

"Perlakuan yang tidak manusiawi dari Malaysia (aparat, majikan) kepada TKI Indonesia sudah sedemikian sering dilakukan. Sudah berbagai upaya dari komponen bangsa, termasuk LSM, serikat buruh migran, dan DPR menuntut pemerintah serius melindungi TKI. Tapi toh kejadian berulang terus," katanya dalam pesan singkat yang diterima okezone, Jumat (27/4/2012).

Dengan adanya kasus itu, Ribka mengaku mengutuk keras kejadian yang menewaskan tiga TKI asal lombok yang dilakukan Polisi Diraja Malaysia.

Selain itu, menuntut pemerintah RI untuk membentuk tim pencari fakta atas peristiwa tersebut. Menuntut pemerintah RI untuk menyampaikan nota protes kepada pemerintah Malaysia atas kejadian yang dianggap melukai harkat dan martabat manusia.

"Kejadian ini juga salah satu bukti kegagalan pemerintahan Susilo Bambang Yudhoyono untuk melindungi rakyatnya yang bekerja di luar negeri," tegasnya.

Sumber:
http://www.okezone.com/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar