Home

April 06, 2012

Ini Alasan Dahlan Iskan Kerap Beraksi Fenomenal


Tentu publik sudah mengetahui aksi-aksi fenomenal Dahlan Iskan, bos media Jawa Pos yang kini menjadi Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN). Mulai dari naik KRL ke Bogor, ngamuk di pintu tol Jasa Marga hingga tidur di rumah warga Kulon Progo.

Pertanyaanya, kenapa Dahlan Iskan selalu melakukan itu? Ada anggapan aksi ini hanyalah pencitraan kepada masyarakat, dengan bantuan publikasi media. Namun tidak sedikit juga yang menyanjung gebrakan Dahlan, karena tidak semua pejabat memiliki perilaku 'tak biasa' macam Dahlan.

Menurut Dahlan, aksi-aksinya selama ini semata-mata untuk memberi dorongan moral, semangat sekaligus kritikan kepada perusahaan negara. BUMN bukan perusahaan manja yang selalu mengandalkan uang APBN dalam bentuk Penyertaan Modal Negara (PMN).

"Tujuannya membantu, kayak Perumnas. Nggak bisa lagi menyediakan PMN," katanya kepada detikFinance, Rabu (4/4/2012) malam.

Apalagi, lanjut Dahlan, BUMN tidak lagi istimewa dibanding perusahaan lain. Pemerintah tidak membuat aturan yang mengistimewakan perusahaan-perusahaan negera.

"Nah, yang bisa dilakukan ada memberi dorongan moril kepada mereka, semangat. Itu saja. Supaya jangan sampai, BUMN sudah pemerintah tidak bisa bantu atau buat peraturan secara khusus, tidak ada dorongan juga," paparnya.

Seperti yang Dahlan lakukan awal pekan ini, dengan menginap pada salah satu kamar di rusun Perumnas. Ia mengaku ide bermalam ini tidak ia rencanakan.

"Yak, jadi semangat internal. Seperti tidur di Perumnas merupakan ide yang direncanakan. Itu ada raker Perumanas, dan disitu banyak persoalan yang dikemukakan. Kok sulit dan banyak (masalah), okelah saya solider sama Anda (Perumnas). Ayo saya tinjau proyeknya, kalau perlu saya tidur bersama.

"Hidup ini tanpa semangat kan, tidak ada artinya apa-apa. (Aksi) ini juga sebagai dorongan dan kritikan," imbuhnya.

Sumber:
http://fdetik.com/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar