Home

April 04, 2011

Sebuah Catatan Kehidupan


Semakin panjang usia kita, semakin panjang pula catatan pengalaman hidup kita. Bagi mereka yang mau memetik pelajaran dari pengalamannya, maka pengalaman jadi kekayaan yang unik baginya.

Usia membawanya pada kebajikan. Sedangkan bagi mereka yang acuh, pengalaman tak lebih dari goresan di atas pasir pantai.


Usia tak menjamin apa-apa selain ketuaan baginya. Meski kita sama-sama dinaungi oleh langit yang sama; meski kita sama-sama diterangi oleh cahya matahari yang sama; meski kita sama-sama digelapi oleh malam yang sama, namun kita tak pernah sama dalam mencerap semua itu.

Kita melihat cakrawala dari ketinggian yang berbeda. Kita melangkah di jalan setapak dengan bobot yang berbeda.Kita mengisi ruang dan waktu ini dengan besar tubuh yang berbeda pula.

Maka, meski kita lahir di bumi yang satu, namun kita hidup di dunia yang berbeda-beda. Kita mempunyai sidik dunia pikiran yang tak sama bagi setiap orang.

Keunikan itu takkan banyak berarti bila tak menjadi kekayaan bagi kita. Dan, kekayaan itu tak banyak bermakna bila tak membuat diri kita semakin bijak bestari.


Merenungi setap perjalanan hidup buat kita adalah sesuatu yang mempunyai nilai tersendiri. Karena dalam perjalanan kita mungkin banyak sekali yang akan kita kenang dan dapat dijadikan pelajaran yang sangat berharga bagi masa depan kita dan umat manusia lainnya yang membutuhkan pelajaran dari kita. Jika kita ingin mengenang kehidupan masa lalu kita dibutuhkan sebuah catatan kehidupan yang sewaktu-waktu kita dapat buka kembali, agar diri kita dapatmemahami segala tindakan dan keputusan yang kita ambil, apakah putusan yang kita ambil itu bermanfaat atau malah akan mencelakakan diri kita, segala pertimbangan akan kita putuskan setelah kita mempelajari dengan seksama apa yang telah dijalankan selama ini.

Dan jika dari setiap orang mempunyai pengalaman masing-masing, yang kemudian dari mereka masing- masing melahirkan ide-ide atau kreasi yang berbeda dari catatan kehidupan mereka. Maka dunia akan dipenuhi dengan beraneka ragam cipta dan kreasi dari masing-masing orang tersebut yang nantinya  diperuntukan bagi kesejahteraan umat manusia dimuka bumi. Inilah yang dapat kita rasakan selama ini, hasil dari pemikiran pendahulu pendahulu kita yang kemudian semakin tumbuh dan berkembang menjadikan dunia ini penuh dengan warna-warni kehidupan yang tak akan pernah ada habishabisnya. Dari ide yang satu akan muncul lagi ide-ide berikutnya dan seterusnya. 

Jika kita memiliki sebuah catatan kehidupan cobalah kita gunakan untuk mengambil sesuatu yang berguna bagi kemaslahatan umat, dan mencoba memutuskannya kedalam sebuah tindakan, sehingga catatan kehidupan tersebut menjadi lebih bermakna bagi kehidupan orang banyak. 


Jadikan catatan kehidupan anda sebagai penyemangat buat diri anda sendiri dan coba tularkan kepada orang lain agar orang tersebut akan berbuat hal yang sama, maka tercapailah apa yang menjadi impian kita semua.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar