Home

April 20, 2011

Lagu Terbaru Lady Gaga “Alejandro” dan Spiritualitas Tipe Baru

Video Lady gaga Alejandro cukup menggegerkan dengan menghujat citra tertentu. Banyak orang, masih bertanya-tanya: Apa arti dari lagu tersebut dan apa pesan dari video yang mereka coba sampaikan? Artikel ini membahas simbol okultisme yang digunakan dalam Alejandro untuk memahami pesan yang mendasarinya.



Seni tidak harus literal dan video Lady gaga terbaru pasti tidak. Seperti halnya dengan Bad Romance, video Alejandro menambahkan satu lapisan interpretasi lagu dengan memberikan makna kata-kata yang lebih dalam.


Mengambil tempat di sebuah daerah dingin, Orwellian, dengan setting militeristik. Menentang konsep lain, bertabrakan dan membaur dalam video: baik vs jahat, laki-laki vs perempuan dan dominasi vs penyerahan. Simbolisme agama juga dipergunakan untuk menambahkan shock factor, yang diperlukan untuk membuat orang-orang bertanya-tanya, tentang lagu yang berkonotasi spiritual tertentu.

Video untuk Alejandro sangat simbolis dan pintu itu terbuka untuk interpretasi ganda. Misalnya, saya menafsirkan video dan mengklaim bahwa itu menggambarkan gereja Katolik dan represi dari komunitas gay. Penafsiran ini mungkin memiliki beberapa validitas untuk itu, tetapi mengabaikan berbagai aspek penting dari video. Pengamat lain tampaknya percaya bahwa semua video dengan citra religius, “penghargaan untuk Madonna”, Ya., Madonna memang seperti pendoa, tetapi tidak menjelaskan apapun di video Lady Gaga. Simbolisme video menceritakan penolakan spiritual dan metamorfosis yang terjadi dalam konteks sebuah negara polisi yang menindas.

Video ini disutradarai oleh Steven Klein, seorang fotografer mapan di industri fashion. Dia telah bekerja dengan Calvin Klein, Alexander McQueen, Madonna, Nike dan banyak lainnya. Gaya fotografi sering menggunakan tema homoeroticism dan ia jelas membawa tema tersebut ke format video.

Kami akan mencoba men-decode simbolisme video dan bagaimana hubungannya dgn konteks hari ini. Inilah videonya :


Transformasi Spiritual

Tema yang paling lazim dalam lagu adalah penolakan. Permulaan dari lagu menetapkan konsep ini dengan segera:

Quote:
“I know that we are young.
And I know you may love me.
bu t I just can’t be with you like this anymore,
Alejandro.”

Video dimulai dengan prosesi pemakaman. Gaga mengenakan cadar hitam dan memegang Hati Kudus, pendarahan hati Tuhan untuk umat manusia. Ada yang mati dalam gaga dan tampaknya menjadi cintanya Alejandro.


Sperti ada jarum di hati kudus..., sama seperti penyaliban


Tapi siapa Alejandro? Seorang pria gay yang tidak bisa bersamanya? Seorang pria yang berselingkuh dengan Roberto dan Fernando? Semua kemungkinan, lagu ini tidak cukup jelas tentang hal itu. Namun, Gambaran video, mengatakan bahwa Alejandro mungkin adalah sesuatu yang lebih dalam.

Dalam adegan selanjutnya, gaga ditampilkan mengenakan setelan lateks biarawati merah dan memegang rosario.


Melihat langit ia berkata: Stop, please, just let me go.” Lalu., Saat dia mengatakan “Alejandro,” ia mengangkat kedua tangannya ke langit. Dalam konteks ini, dapat dikatakan bahwa Alejandro mungkin adalah Tuhan.

“She hides true love
En su bolsillo.
She’s got a halo ’round her finger,
Around you.”

Lingkaran di jari adalah cincin kawin dan Alejandro memiliki halo di sekelilingnya, yang berarti ia dianggap “suci”. Cincin kawin itu merupakan persatuan gaga dengan Tuhan melalui agama, tapi dia sekarang menyembunyikan pernikahan ini.. Dia menyembunyikan cincin itu di bolsillo nya, kata Spanyol untuk saku. Mengapa ia mengacu pada Fernando dan Roberto pada titik tertentu? Apakah dia merujuk pada aspek Tiga sifat Tuhan, Trinitas suci?

Konsep penolakan demikian diterapkan kepada Tuhan karena ia tampaknya tidak memenuhi kebutuhan rohani gaga. Dia kemudian memutuskan untuk mencari Ketuhanan diri dengan memeluk sebuah tipe baru spiritualitas. Sepertinya biarawati yang menjadi pendeta Luciferian. 


Pendeta Luciferian hanya memperlihatkan satu matanya, melambangkan kontrol illuminati atau loyalitasnya


Rosario adalah serangkaian manik-manik yang digunakan dalam tradisi Katolik untuk berdoa dan meditasi. Dengan menelan rosario, Gaga menggabungkan dalam dirinya simbol ketaatan dalam agama, karena 1) itu mengejutkan dan akan mendapat perhatian media 2) Gaga mencari untuk mendapatkan Ketuhanan dengan cara sendiri.Representasi simbolis dari prinsip-prinsip Luciferianism, yang sebuah dorongan untuk mencapai keilahian dengan satu cara sendiri. Lucifer dianggap sebagai prinsip aktif terhadap Ketuhanan, makhluk yang membawa “cahaya Tuhan” kepada manusia.


Dalam adegan lain, Gaga ditampilkan memberikan tanda berkah dan berkat, gerakan cipta dalam Katolik kepada mereka yang dianggap Suci.


Citra klasik 'Kristus' menunjukkan tanda syukur dan menunjuk ke arah Hati Kudus

Kemudian dalam video, Gaga didorong oleh orang di sekitarnya dan disalahgunakan oleh para penari di sekelilingnya. Dia menyerah dan membuka jubahnya untuk seksual, inisiasi ritual.




Pada akhir video, Gaga dikonsumsi dari dalam dan “cahaya batin” keluar, merupakan transformasi dia dari fisik ke bidang rohani.

Penampilan Gaga di American Idol benar-benar mengeksploitasi tema Luciferian dalam lagu tersebut.



Latarnya mengingatkan akan Taman Eden, di mana “Fallen Angel”-Lucifer, yang dibuang dari Surga dan menggoda Adam dan Hawa dengan pengetahuan Tuhan. Api keluar dari sayap malaikat (dia adalah “Pembawa Cahaya”) setiap kali Gaga mengatakan “Alejandro”. Pada akhir penampilannya, Gaga diangkat di bawah Fallen Angel terkana cairan berwarna merah darah yang keluar dari air mancur dibawah patung Fallen Angel. 

Citra Kepolisian Negara

Transformasi spiritual Gaga terjadi di latar belakang gelap, menindas dan militeristik. Kecenderungan video musik ini dapat ditemukan pada berbagai Musik Pop. Artikel ini menjelaskan bagaimana masyarakat saat ini sedang dibombardir dengan citra militeristik dan menindas, terkait dengan seksualitas, untuk menurunkan rasa sensitivitas publik dan membuat asosiasi bawah sadar yang agresif. Alejandro jelas merupakan kelanjutan dari agenda yang ditetapkan oleh industri lainnya. Selama seluruh video, kita melihat di latar belakang layar raksasa menampilkan adegan dari kerusuhan sosial, bangunan terbakar dan polisi militer berlarian, menempatkan penonton dalam suasana tegang dan menindas.


Video ini dibuka dengan laki-laki berjalan dengan ritme militeristik, beberapa dari mereka memiliki kepala yang ditutupi, mungkin mengisyaratkan bahwa orang-orang ini adalah tahanan. Salah satu laki-laki adalah dalam bentuk piramida sementara yang lain memegang heksagram sebagai tahanan berbaris. Apakah ini representasi dari massa berbaris mengikuti irama “elite”, mengangkat tinggi simbol penindasan thd diri sendiri?

Kemudian Gaga ditampilkan dalam posisi memegang kekuasaan, mengenakan mahkota hitam sambil melihat penampilan tahanan yang mereka lakukan untuknya.

Budak Pengendalian Pikiran?


Dalam sebuah adegan simbolis, seorang tentara ditampilkan terpasang ke string, seperti boneka. Dia tidak bisa mengontrol gerakan sendiri dan memegang senjata di kemaluannya (seksualisasi persenjataan). Dia menatap kosong, tampak bingung sebagai budak kontrol pikiran.


Dalam apa yang tampak seperti sebuah kamp interniran, Gaga memiliki laki-laki gay terikat tidur saat dia memperkosa mereka, dalam apa yang tampak seperti pemeragaan ritual seksual.


Dalam adegan akhir video, gaga ditampilkan melekat pada string. Apakah dia sendiri dikendalikan oleh agenda ini?

Kesimpulan

Sebagaimana disebutkan di atas, video Alejandro sangat kompleks dan simbolis, dan cocok untuk multitafsir, tergantung pada pengetahuan si pengamat dan sudut pandang. Namun demikian, bagian-bagian video dalam simbolisme yang jelas dan ringkas, meninggalkan sedikit keraguan tentang pesan yang dikomunikasikan. Selama video berlangsung, gaga berjalan melalui metamorfosis yang sangat mendalam, menolak iman Kristen, mengotori simbol dan merangkul tipe baru spiritualitas.

Apakah transformasi Gaga adalah representasi dari transformasi yang sedang terjadi pada skala dunia? Apakah anggota dari kaum elite, yang dianggap bagian dari “biasa” agama, mengungkapkan sejatinya mereka, ajaran Luciferian dapat dipelajari untuk umum? Apakah New World Order meninggalkan agama tradisional dalam debu untuk merangkul tipe baru spiritualitas?

Apapun kasusnya, video penting seperti ini ingin menyebarluaskan ke dalam pikiran bawah sadar publik akan simbol spesifik, yang mereka inginkan menjadi “bagian dari budaya kita”. Untuk mencapai hal ini tokoh-tokoh kharismatik yang dikagumi masyarakat, digunakan membuat pesan-pesan yang terlihat cool dan trendi. Penggemar musik telah mengalami kekeringan kreatifitas yang intens di tahun-tahun terakhir, yang menyebabkan mereka menjadi haus kehadiran bentuk baru yang eksentrik. Jadi Lady gaga datang ke dalam situasi ini dan menjadi “putri musik pop baru”. Dia juga membawa bersamanya semua agenda Illuminati dan tampil di depan wajah para fans. Aku yakin banyak fans memiliki perasaan bahwa ada sesuatu yang salah dengan tindakan dia, tapi masih tidak bisa berhenti mendengarkannya. Mereka harus memberitahu diri mereka sendiri, “ok, tidak ada lagi yang harus didengarkan”. Dan jika tidak, maka dapat menjadi suatu bentuk monopoli media terhadap kita.

Sumber :

Tidak ada komentar:

Posting Komentar