Home

April 18, 2011

Izabela Szydlo, 2 Tahun Berjuang Melawan Hati Menerima Islam






Namanya Izabela Szydlo. Dia adalah wanita asal Polandia, yang menuntut ilmu di Kanada. Tak hanya jatuh hati pada negeri itu, ia juga terpikat pada agama yang kini sedang naik daun di negeri itu, Islam.

Jalannya menuju Islam sangat berliku. Ketika hatinya mulai tertambat, ia justru menolaknya. "Dua tahun saya berjuang melawan hati saya sendiri menolak Islam," katanya. Namun ia menyerah, setelah menemukan hanya Islamlah yang pas di hatinya.



Berikut ini pengakuan Izabela tentang pencarian keyakinannya:

Saat tahu saya Muslim, orang pasti akan menebak latar belakang saya adalah Libanon atau Suriah. "Aku Polandia." Jawaban saya biasanya diikuti dengan pertanyaan lain, "Apakah Polandia sebuah negara Muslim?" Saya menjelaskan, "Ini tidak. Aku dikonversi."

Orang tidak biasa mengerti bahwa ada orang yang menerima agama lain dengan deklarasi keyakinan. Tapi melihat kembali pada pengalaman saya sendiri, memang  tidak sesederhana itu.

Saya belajar tentang Islam tiga tahun yang lalu ketika saya bertemu  seorang mualaf  sahabat saya. Kami mulai mendiskusikan agama. Ketika kami berbicara, saya menemukan diri saya mengidentifikasi dengan ajarannya tetapi pikiran saya terus melayang dengan budaya Polandia saya dan iman Katolik saya. Aku berpikir apa yang orang akan katakan jika saya pindah agama  dan lebih penting lagi jika saya harus mengambil sesuatu yang bukan hanya cara berdoa, tapi juga cara hidup.

Saya punya terlalu banyak pertanyaan dan semua saya temukan jawabannya dalam agama ini.Saya mulai berontak. Saya belajar agama saya sendiri dan berusaha mencari koneksi, tapi sekali lagi Islam merayap ke dalam pikiran saya.

Perjuangan internal yang berlangsung selama dua tahun sangat berat. Pada musim panas tahun 2005 saya putus asa.

(Awal 2006, ia mengibarkan bendera putih, menyerah. Iapun belajar tentang Islam secara otodidak; dari nol lagi). Saya menemukan diri saya menulis artikel tentang isu-isu Islam di kampus dan kesalahpahaman yang terjadi dalam memahami Muslim.

Saya menemukan bahwa Islam adalah agama intelektual dan bahkan sains ada dalam kitab suci mereka, Alquran. Selama ini, Barat banyak menyebut Alquran adalah kreasi nabinya. Saya duduk  pada malam-malam panjang saya membaca, bingung bahwa seorang buta huruf bernama Muhammad bisa menjelaskan banyak ilmu dalam Alquran, antara lain, bagaimana janin terbentuk. Bagaimana dia tahu hal-hal pada waktu itu? Bagi saya jawabannya sederhana, campur tangan Ilahi. Saya makin yakin: saya memang harus mengkonversi keimanan saya.

Pada tanggal 13 April 2006, saya bersyadahat.  Saya tidak ingat berjalan ke masjid tapi saya ingat air mata membasahi pipi setelah itu.  Saya siap untuk memulai hidup lebih terarah. Tapi sebelum saya bisa melakukan itu, saya harus membantu keluarga saya menyesuaikan diri dengan perubahan.

Beberapa minggu kemudian, saya tahu masalah tidak dapat dihindari. Malam pertama di rumah, ibu saya melihat sajadah warna zamrud hijau saya. "Apa itu?" tanya dia dan kemudian menjawab pertanyaan sendiri dengan amarahnya.

Biasanya saya akan mulai bertengkar bila kondisi sudah demikian. Tapi kali ini tidak.  Saya menemukan kenyamanan dengan mengambil air wudhu dan shalat. Ketika saya membungkuk di atas tikar, kekhawatiran saya sepertinya berkurang. Sesuatu mengatakan kepada saya bahwa ibu saya akan menerimanya suatu ketika.

Hari berikutnya saya menjelaskan agama baru saya kepadanya. Dia mengangguk diam-diam dan saya berjanji bahwa tidak ada yang akan berubah di antara kami. "Saya tidak bisa menjanjikan apapun, hanya ini akan mengubah saya menjadi orang yang lebih baik," jawab saya.

Hanya satu yang diinginkan ibu saat itu: saya berjanji  akan tetap makan malam saat Natal bersama-sama. Saya mengangguk.

Tantangan saya sebagai Muslim sangat berat, saya tahu itu. Saya bukannya tak mengalami: kerap dianggap sebagai calon bomber bunuh diri.

Saya tahu orang takut apa yang mereka tidak mengerti. Tapi sama seperti ibu saya yang mau belajar, saya berharap orang mulai meluangkan waktu untuk melakukan sedikit pencarian sehingga ketakutan yang berubah menjadi pengetahuan. 

Sumber :

Tidak ada komentar:

Posting Komentar