Home

Juli 31, 2011

Ingin Tetap Sehat & Bugar Saat Puasa? Ini Triknya


Melaksanakan ibadah puasa bukan merupakan halangan bagi yang tetap melakukan aktivitas kerja. Baik bagi pekerja yang beraktivitas di lapangan ataupun di dalam ruangan.

Hanya saja, tantangan berpuasa pada musim seperti ini, lebih berat dilakukan karena suasana perubahan cuaca yang cukup drastis. Terkadang panas seharian, terkadang juga hujan dari mulai subuh yang sedikit banyak akan memengaruhi kondisi badan saat puasa.


Nah, yuk intip cara yang dapat dilakukan agar bisa tetap berpuasa dengan kondisi badan yang sehat dan bugar

Tetap makan sahur

Makan sahur penting bagi kita untuk memperoleh cadangan energi dalam melakukan aktifitas keseharian. Bila tidak makan sahur seseorang akan mudah menjadi ‘Hipoglikemia’, dimana kadar gula dalam darah turun. Hal ini menyebabkan tubuh menjadi lesu, loyo dan mengantuk bahkan mudah marah.

Hindari banyak konsumsi gula saat sahur

Makanan dan minuman yang terlalu banyak mengandung gula akan memacu tubuh memproduksi insulin untuk segera menetralkan kadar gula dalam darah. Akibatnya rasa lapar akan cepat timbul dan badan pun menjadi cepat lemas dan lesu. Perbanyak makanan yang mengandung protein tinggi, karena protein akan diolah lebih lambat, dibanding jenis makanan lainnya.

Berbuka tepat wakttu

Segera berbuka dengan makanan yang manis (bisa korma atau jenis lainnya) sebab makanan yang manis lebih baik untuk usus yang kosong dan lebih cepat diubah menjadi energi. Makan dan minumlah secukupnya, agar beban lambung tidak terlalu berat, setelah berjam-jam kosong.

Makan yang terlalu banyak saat berbuka puasa akan menyebabkan sebagian besar darah terdistribusikan ke alat pencernaan akibatnya aliran darah ke otak menjadi lebih sedikit; tubuh menjadi lemas, mengantuk dan malas berfikir.

Berolah Raga di Bulan Ramadhan

Salah satu penyebab cepat lelah ketika berpuasa adalah melakukan kebiasaan yang salah, seperti ramai-ramai berolahraga sehabis sahur. Waktu yang paling tepat untuk berolahraga di bulan Ramadhan adalah beberapa jam (1-2 jam) sebelum atau sesudah berbuka. Tidak dianjurkan melakukan olahraga yang terlalu berat selama berpuasa.

Menjaga kebersihan gigi dan mulut selama berpuasa

Ketika puasa semua kegiatan makan dan minum berhenti total, sehingga produksi kelenjar liur mulut berkurang, dan mulut menjadi cepat asam dan berbau. Karena itu dianjurkan untuk segera mengosok gigi sehabis makan sahur, agar sisa makanan tidak membusuk di rongga mulut.

Sumber :

Tidak ada komentar:

Posting Komentar