Home

Juni 10, 2011

Persamaan arti dari "Man Jadda Wajada" dan "Ganbatte Kudasai"




  • Man Jadda Wajada

Anda pernah mendengar ungkapan Man Jadda Wa Jada? Namun sudahkah Anda mengaplikasikan prinsip ini? Banyak sudah tahu namun masih sedikit yang mengaplikasikannya.

Banyak contoh yang kita temui dalam kehidupan sehari-hari, banyak orang yang tidak menerapkan prinsip ini. Mereka cepat menyerah, berhenti berusaha, dan menyerah pada nasib.

Ciri utamanya ialah suka mengatakan “saya tidak bisa”.

OK, bagi yang tahu artinya, man jadda wa jada berarti barangsiapa bersungguh-sungguh pasti dapat. Setahu saya, ini bukan hadist, meski menggunakan bahasa Arab. Mungkin sejenis pepatah Arab tetapi mengandung makna yang dalam.

Kata kunci dalam pepatah ini ialah jadda atau bersungguh-sungguh. Jadi, sejauh mana Anda sudah mengaplikasikan pepatah ini ialah sejauh mana Anda bersungguh-sungguh.

Silahkan Anda periksa pertanyaan berikut dan jawablah dalam hati Anda. Silahkan Anda ukur diri Anda tanpa dalih tanpa alasan (jika bersungguh-sungguh ingin maju).

Tambahan dari : indrakurniawan.net
"Pertama kali saya mendengar kalimat ini adalah ketika minggu pertama bekerja di kantor baru… siapa yang menyangka bahwa kalimat ini akhirnya menjadi mantera luar biasa untuk saya.. dan orang-orang lain diluar sana yang sudah lebih dulu menerapkannya…

Beberapa situs menyebut man jadda wajada bukan hadist nabi, hanyalah mahfudzot atau ungkapan pepatah arab,tapi memang ada kedekatan dengan surat Ar-Ra’d ayat 11 yang dikatakan bahwa, “…. Innallaha laa yughayyiru maa bi qoumin, hatta yughoyyiru maa bi anfusihim…” “Sesungguhnya Allah tidak akan mengubah keadaan suatu kaum, sebelum mereka mengubah keadaan mereka sendiri”.

Sedangkan Man jadda wajada sendiri artinya adalah“Siapa yang bersungguh-sungguh, dia akan berhasil!!” atau jelasnya kita akan mendapatkan yang kita mau jika kita bersungguh-sungguh…

Inti dari semuanya sama, harus ada tindakan… bukan hanya sekedar keinginan atau mimpi-mimpi belaka…

Bahkan disaat semangat mengendur atau disaat malas sedang datang, coba saja ulang kata-kata “man jadda wajada” insya allah bisa kembali membangkitkan semangat…

Selamat mencoba…"





  • Ganbatte Kudasai
SEMANGAT!!

asal kata: GANBARU (頑張る / がんばる)
artinya : BERUSAHA

GANBATTE (がんばって) merupakan kependekan dari "GANBATTE KUDASAI", yang artinya BERUSAHALAH/BERSEMANGATLAH!

dalam bahasa Jepang bila kata kerja ditambah KUDASAI maka artinya semacam anjuran atau permohonan.
untuk menyemangati diri sendiri bisa mengatakan: GANBATTEMASU!! がんばってます!!

tambahan:
"Orang Jepang sering mengucapkan “Gambatte Kudasai” (頑張ってください) yang berarti “lakukan sebaik mungkin”, “jangan menyerah” atau “berikan usaha terbaik”.
Kata dasar dari Gambatte adalah Gambaru (頑張る) yang berarti...

the idea of sticking with a task with tenacity until it is completed—of making a persistent effort until success is achieved.

Atau dalam bahasa Indonesia:
Bekerja/berusaha keras pada tugas sampe tugas itu selesai – berusaha keras hingga mencapai sukses. 
Bangsa Jepang bisa menjadi bangsa yang kuat dan maju karena mereka senantiasa menurunkan filosofi "gambatte" kepada generasi muda. Guru di sekolah-sekolah Jepang senantiasa memberikan kata-kata ini untuk menyemangati anak-anak didik mereka. 

Demikian juga dengan para siswa, mereka saling menyemangati kawan mereka yang terlihat letih belajar. 
Kita bisa meniru kebiasaan bangsa Jepang ini dengan senantiasa memberikan yang terbaik pada segala sesuatu yang kita kerjakan. Jika kita diberi tugas oleh guru untuk menyelesaikan PR (pekerjaan rumah), ya kita kerjakan dengan sebaik mungkin. Belajar untuk ulangan pun ya belajar dengan sungguh-sungguh. 

Segala sesuatu yang dilakukan dengan sungguh-sungguh, serius dan sepenuh hati tentu hasilnya akan lebih baik dibanding yang dikerjakan dengan asal-asalan. Hasil itu belakangan, nilai itu belakangan, yang penting berusaha dengan sungguh-sungguh. Jangan sampai kita mengambil jalan pintas dengan mencotek untuk mendapat nilai baik. "

Kesimpulan:
berdasarkan arti dari kedua pepatah diatas bahwa "Man Jadda Wajada" dan "Ganbatte Kudasai" memiliki arti yang hampir sama meski pepatah tersebut berasal dari negara yang berbeda (Arab dan Jepang). dan inti dari kedua pepatah tersebut pasti kalian sudah tahu, yaitu selalu berusaha dan bersungguh-sungguh dalam hidup, karena kalau kita selalu bersungguh-sungguh pasti hasil apa yang kita inginkan akan tercapai dan positif.

sumber:

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar