Home

Juni 10, 2011

Ganbatte Kudasai !


Apa yang kita tahu dari bangsa Jepang ? Dan apa hebatnya bangsa Jepang ? Itu mungkin kalimat tanya yang klise jika untuk membandingkan negeri Matahari Terbit itu dengan Indonesia. Tetapi kalimat tanya tersebut jika kita telusuri jawabannya, maka ini bisa menjadi ‘shock therapy’ bagi pemuda Indonesia agar bangsa ini bangkit dari keterpurukan.

Kita pastinya masih ingat tragedi bom atom Hiroshima dan Nagasaki yang menewaskan puluhan ribu korban jiwa 65 tahun yang lalu. Peristiwa tersebut yang menyebabkan Jepang kalah dalam Perang Asia Timur Raya dan mengalami keterpurukan. Tapi sekarang lihat ! Peristiwa 65 tahun yang lalu seakan tak pernah terjadi pada Jepang. Bangsa itu telah mengalami pertumbuhan ekonomi yang pesat, serta infrastruktur yang baik, dan teknologinya sudah maju dan canggih. Jepang telah menjelma sebagai salah satu kekuatan asia bahkan dunia. Lalu apa yang mereka lakukan ? Mungkin itu yang terbesit dalam otak kita. Tapi saya punya salah satu jawaban diantara jawaban yang lain.

Usut punya usut, para pemuda Jepang mempunyai mental yang pantang menyerah. Itu disebabkan karena pada setiap akhir pelajaran di sekolah, guru yang mengajar biasa mengucapkan sebuah kata, “Ganbatte Kudasai!” Apa itu artinya ? Dan apa efeknya bagi para pelajar di Jepang ? Kata tersebut adalah seruan untuk memotivasi seseorang agar semangat dan terus berjuang dalam menjalani hidupnya. Efeknya ? Ya tentu kita bisa lihat sendiri. Bagaimana mental pemuda jepang yang ulet, rajin, dan pantang menyerah karena sering dimotivasi untuk never give up.

Dan bagaimana dengan bangsa Indonesia? Apakah kita masih bisa berpacu dengan bangsa lain? Apakah kita masih bisa bangkit dari keterpurukan? Apakah kita masih bisa menjadi juara? So, let’s doing something! Ganbatte kudasai!

Oleh Alvin Muhammad
Penulis adalah seorang pelajar yang masih belajar untuk menjadi seorang intelektual. Lahir dan besar di kawasan Pantura Jawa Tengah.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar