Home

Mei 20, 2011

Waspada Candu Media Sosial!



Siapa yang tak senang memiliki banyak teman? Siapa yang tak senang selalu bertinteraksi dengan orang banyak? Diluar kepentingannya untuk menjadi media promosi bagi sebagian orang, media sosial telah menjadi momok yang kuat mengikat pengguna bahkan sampai diluar batas kewajaran.
Tidak sedikit kasus yang telah terjadi diluar batas pemikiran kita, seperti kisah seorang ibu yang di penjara karena telah menelantarkan anaknya hingga merenggut nyawa sang batita hanya karena ibu tersebut asyik berfacebook ria sehingga tidak mengawasi anaknya yang tenggelam di bathup kamar mandi rumahnya sendiri. Dan masih banyak lagi kasus yang berujung pada permasalahan hukum yang diakibatkan dari candu media sosial.


Tingkat kepuasaan seseorang dalam berinteraksi melalui media sosial berbeda-beda, sebagian anak remaja memiliki kepuasaan bermedia sosial ketika mungkin sang idola yang digemari dari remaja tersebut membalas mention (istilah dalam Twitter) yang sudah dikirimkan kepada idolanya. Sebagian orang merasa puas dengan sekedar ingin tampil eksis, agar tidak dicap ketinggalan zaman, masih banyak lagi alasan kepuasaan mereka yang giat di media sosial.

Lalu bagaimana mengatasi, jika Anda mulai terindikasi sebagai pengguna yang sudah cukup candu terhadap media sosial agar tidak memiliki kisah yang tragis seperti contoh diatas?

Pertama yang perlu dilakukan adalah tegas kepada diri sendiri, pastikan bahwa kehidupan nyata itulah yang menjadi prioritas bukan pada dunia maya yang melarutkan pikiran dan waktu Anda.
Kiat-kiat berikut semoga dapat membantu Anda yang marasa candu media sosial mulai menggerogoti waktu dan fokus pikiran Anda :

Buat pernyataan pribadi
Bahwa Anda hanya akan menggunakan media sosial atau masuk pada media sosial pada waktu tertentu saja. Bila perlu tempelkan pernyataan diri Anda tersebut pada PC atau laptop Anda.

Lakukan hobi yang bermanfaat lainnya.
Ketika Anda sudah mulai menahan diri untuk tidak candu pada media sosial dan mulai mengatur waktu, temukan kegiatan lain yang merupakan hobi Anda yang akan membawa manfaat bagi Anda, mungkin dengan membaca, berolah raga atau kegiatan lain yang akan membuat Anda terjauhkan dari keinginan untuk tetap berhubungan dengan media sosial.

Buat Deadline
Untuk Anda yang merupakan seorang karyawan, buatlah deadline yang akan mengingatkan Anda untuk dapat bekerja dengan tepat waktu dalam menyelesaikan pekerjaan, sehingga waktu yang ada tidak disia-siakan hanya untuk melanglang buana di dunia maya. Pastikan pekerjaan Anda efektif dan efisien.

Langkah Ekstrim Untuk Pecandu Berat
Langkah ini tidak perlu dilakukan bagi Anda yang mampu dan bisa mengatasi candu media sosial, namun jika memang Anda telah berada pada kategori ‘kelas berat’, mau tidak mau Anda harus melakukan tindakan ekstrim ini yaitu dengan mematikan semua akses yang memungkinkan Anda dapat menggunakan internet, menggunakan ponsel yang tidak memiliki akses internet. Atau lakukan apapun juga untuk membuat Anda sebisa mungkin jauh dari website media sosial.

Be positive and be a healthy user !


Sumber :

Tidak ada komentar:

Posting Komentar