Home

Maret 25, 2011

Iklan – Iklan TV Swasta yang Berisi Pembodohan Masyarakat


1. XL 14th anniversary versi “I Love Ibu”

Sinopsis : seorg anak digbrkan lagi loncat2 di dpn sbh rak yg isinya banyak barang, termasuk barang pecah belah, berusaha utk mengambil sbh bola. Sang ibu yg sdg asik nelpon tampak tdk peduli dan hanya sekali memperingati anaknya. Si anak akhirnya mengambil crayon dan buku gbr. Ibu yg msh sibuk dgn HP nya (mungkin dpt telpon dr presiden mknya penting banget kayaknya. Mungkin lho…) hanya membantu buka buku gbr anaknya dgn 1 tangan sambil terus asik ketawa2, tdk peduli pd apa yg dilakukan anaknya. Muncul slogan “nelpon santai…biarkan anak bermain” (atau spt itulah kira2)




Pembodohan : ibu gila! Anak loncat2, bahkan hampir manjat rak berisi barang2, dia cuek aja, sibuk nelpon. Apa yg diharapkab sm iklan ini? Mau menggambarkan kl ibu2 yg cuek sm anaknya krn keasikan nelpon itu baik? Inget gak ada anak nyemplung di air mendidih, jatuh dr lantai atas, ketabrak mobil dll krn ortunya sibuk dgn HP?


2. Biore

Sinopsis : seorang cewek yg sebenernya cantik, dgn baju ala grunge (menurut ane sih), bebaju lapis flanel dgn kaus sbg dalaman, celana jeans dan berkacamata tebal, tampak bingung. Ia kemudian memotong rambutnya, mengganti bajunya dgn baju yg lbh “girlie” berwarna pink, copot kacamata (entah pk contact lens ato mendadak jd buta demi gaya). Ia kemudian mandi dgn Biore trus jalan2 dgn teman2nya, tampak bahagia dan tdk lg bingung. Slogannya “senangnya jd diri sendiri”

Pembodohan : slogan yg ironis…di iklan itu digambarin bahwa bergaya grunge, berkacamata tebal, sedikit cuek, itu “gak bagus”. Ente, para perempuan, hrs muncul dgn gaya standar yg ngikutin mode, “girlie”, baju pink agar diterima dlm pergaulan. Gimana mau jd diri sendiri kl gini?

3. Produk2 perawatan rambut (hampir semuanya!)

Pembodohan : perhatikan iklan2 perawatan rambut. Ada berapa yg menampilkan perempuan2 berambut keriting? Kalopun ada, berarti ane hrs lbh sering meratiin iklan. Iklan perawatan rambut berkampanye bahwa rambut yg bagus itu adalah rambut lurus. Lalu bagaimana dgn, misalnya, saudari2 kita dr Papua? Apa mereka hrs ngelurusin rambut biar “cantik”?

4. Produk2 perawatan kulit

Pembodohan : situasinya hampir sama dgn iklan perawatan rambut, iklan2 perawatan kulit berkampanye bahwa kulit yg cantik itu adalah kulit yg PUTIH. Putihnya pun hrs mulus spt tembok, gak boleh ada titik hitam atau jerawat sebintikpun. Padahal kulit org melayu kan memang tdk ada yg putih tp sawo matang yg berarti COKLAT. Jerawat pun, selama belum jd infeksi dan abses, adalah hal wajar di daerah tropis spt Indonesia. Sama dgn pertanyaan di atas : bagaimana dgn saudari2 dari Papua yg berkulit hitam? Tdk adakah org Papua yg cantik kalau begitu? Atau saudari2 kita yg krn kelainan hormonal berjerawat banyak? Gak cantik kah dia?

5. Teangin Cap Badak

Sinopsis : seorg dokter cantik nan ternama sdg memberi kuliah atau ceramah ttg masuk angin. Tiba2 seorg peserta kuliah tampak kuyu dan lemas. Sang dokter langsung memberikan Teangin Cap Badak utk mengobati masuk angin si peserta. Tiba2 org itu, seorg perempuan, bersendawa keras sekali, disambut tawa teman2nya. Iklan ditutup dgn bunyi sendawa lagi.

Pembodohan : sendawa sembarangan, sama dgn kentut, adalah kebiasaan yg menjijikkan. Iklan ini mengkampanyekan bahwa sendawa sembarangan itu bukan hanya normal tp bahkan lucu.

6. Semua iklan sepeda motor

Pembodohan : satu hal yg dibanggakan oleh semua iklan motor adalah JAGO NGEBUT. Terlihat dr slogan2nya, ada yg “yg lain makin ketinggalan” atau “***** semakin di depan”. Bahkan ada yg pake pembalap internasional sbg model, ada yg digambarkan kl motornya lwt, semua org kocar-kacir, bajunya sobek2, yg bw motor sampe melayang2 saking cptnya ngebut tu motor. Ini scr sadar atau tdk mengajak pengendara motor utk kebut2an, gak tau aturan, nyetir kayak vale***no ro**i lg balapan. Pdhl jalanan di negeri ini gk memungkinkan utk itu. Bukankah lbh baik kalo kampanye tertib lalu lintas aja ya?

7. Rexona

Sinopsis : 2 org cewek cakep lg naik mbl. Tiba2 bannya pecah. Mrk turun dr mbl tp bukannya berusaha ganti ban, malah berusaha minta tolong org2 yg lewat dgn cara angkat tangan tinggi2. Cewek yg 1 keteknya hitam. Dia malu2 angkat tangan. Cewek yg lain keteknya putih (dibikin pk potosop). Dia bs angkat tangan dgn sepenuh hati. Akibatnya banyak mbl brenti dan pengemudinya, semuanya laki2, berebut nolong.

Pembodohan : di iklan ini dikampanyekan bahwa cewek gak mesti bisa ganti ban sendiri. Manfaatkanlah kecantikan anda utk minta bantuan, krn semua org ingin membantu cewek cantik (kl jelek, nanti dulu!). Pdhl bukannya kaum perempuan lg sibuk berjuang utk persamaan? Gimana mau bicara persamaan kl ganti ban aja gak bisa?!

8. IKLAN SOSIS SHINJO

kalo biasanya iklan sosis pake org2 berprestasi,kali ini pake shinjo yg cm modal komat kamit tp bisa tenar,trus si shinta hbs ngomong “..berprestasi” dia lgs tripping.parah lagi ini iklan ditaruh di acara anak2.

Pembodohan ,org jadi mikir nggak perlu berbakat utk jd org sukses,ato makan sosis agar bs komat kamit kaya shinjo.terus si shinjo ngajak anak2 kecil utk dugem

9. Iklan Susu

ank2 jg sering blg “mnm susu **** biar ank anda cerdas” trs kl cm dicekokin itu susu doank tanpa belajar tetep cerdas gt??? aneh

Iklan susu yang ada kata-katanya ‘Papasaurus’
Pembodohannya: Anak-anak kok malah ngata-ngatain papanya kaya hewan, gak ada hormat-hormatnya sama orangtua, udah gitu diketawain lagi,

Dino yang makan sayur apa? brontosaurus
Dino yang makan daging? Trex
DINO YANG MAKAN SEGALA?
PAPASAURUS
Kesimpulannya SUSUNYA BIKIN GOBLOK, PAPANYA DIBILANG DINO

10. Iklan Exxon

dalam iklan dituturkan klo mereka ikut membangun bangsa :
pembodohan: turut mengeruk kekayaan bangsa gan perusahaan minyak luar negeri yang mengebor minyak bangsa indonesia


Sumber :
http://forum.vivanews.com/showthread.php?p=1276684#post1276684

Tidak ada komentar:

Posting Komentar